Langsung ke konten utama

RPP Matematika 1 Lembar

 Kebijakan ini masih sering menjadi perbincangan hangat didunia pendidikan. Apalagi, bagi calon guru yang masih belajar di dunia kampus. Antara idealita dan realita penerapan RPP 1 lembar ini sering menjadi perdebatan. 

Sejatinya, berdasarkan surat edaran Menteri Pendidikan No 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan RPP sudah cukup jelas. Disana diungkapkan bahwa komponen wajib pada RPP yaitu berisi tujuan pembelajaran, langkah-langkah kegiatan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. 

Dari 3 komponen tersebut, bolehkah dikembangkan/ditambahi lagi? Di surat tersebut juga telah dijelaskan bahwa tiga itu berupa komponen wajib, jika guru terdapat kebutuhan lain untuk ditambahi maka diperbolehkan.

Berikut contoh format RPP 1 lembar: Contoh Format RPP 1 Lembar 


Menurut pandangan pembaca, bagaimanakah kebermanfaatan RPP 1 lembar jika dibandingkan dengan RPP lengkap meliputi 13 komponen? Manakah yang pembaca pilih? Berikan pendapatnya di kolom komentar. Terimakasih.




Komentar

  1. Menurut saya, RPP 1 lembar lebih praktis jika dibandingkan dengan RPP lengkap yang meliputi 13 komponen. RPP satu lembar juga bisa mengurangi pembuatan RPP seorang guru dalam waktu dan ide pikiran dalam proses pembuatannya dan dengan RPP 1 lembar tidak mengurangi materi esensial yang harus disampaikan pendidik terhadap peserta didik.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Nur Syamsiyah Harahap 1916

    Menurut saya RPP 1 lembar membuat guru lebih praktis dalam pembuatannya yang terpenting sudah mencakup 3 komponen yaitu tujuan, kegiatan pembelajaran, dan penilaian.
    Tetapi menurut saya lebih baik menggunakan RPP 13 komponen karena jika 1 lembar pastinya sulit untuk mencakup keseluruhan komponen tersebut. Selain itu, dengan RPP 13 komponen, guru bisa lebih terorganisir dalam kegiatan pembelajaran dan juga guru mudah memahami RPP yang dibuat.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Tifani Arum Azzahro 1927

    Menurut saya, kebijakan penyederhanaan penyusunan RPP satu lembar ini lebih efektif dan efisien untuk para guru agar dapat meringankan beban administrasi sehingga mereka memiliki banyak waktu untuk fokus dalam membangun karakteristik siswa, mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran dimana RPP tersebut tentunya harus mencakup unsur unsur yang diperlukan dalam proses pembelajaran.

    BalasHapus
  6. Candrawati Nur Hasanah1910

    Menurut pandangan saya, antara RPP 13 Komponen dengan RPP 1 lembar lebih kebermanfaatan RPP 13 Komponen, karena RPP 13 Komponen lebih lengkap dan terarah, terarah disini bermaksud bahwa pada RPP tersebut terdapat KI, KD, Indikator, Tujuan pembelajaran, Materi pembelajaran, Pendekatan dan metode pembelajaran, Media dan sumber belajar, serta langkah-langkah pembelajaran, dan penilaian yang menurut saya, ini dapat memudahkan seorang guru dalam mengajarkan atau menyampaikan materi pembelajarannya karena terarah.

    BalasHapus
  7. FELLYA MAILANUFI 1907

    Sebagaimana Surat Edaran no 14 tahun 2019 Pembuatan RPP 3 komponen merupakan komponen inti dari 13 komponen pembuatan RPP sebelumnya. Menurut saya membuat dengan 3 komponen akan lebih mudah karena selain guru diberikan kebebasan dalam membuat RPP dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid, namun RPP juga bukan lagi menjadi beban administrasi. RPP bisa menjadi sebuah keperluan bagi guru ketika akan melaksanakan pembelajaran di kelas.

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Ramadhania Dwi Saputri 1920

    Menurut saya, kebermanfaatan dari RPP 1 lembar adalah dapat lebih meringankan beban, waktu, dan biaya administrasi guru dalam membuat RPP. Selain itu, 3 komponen inti pada RPP 1 lembar dirasa telah memuat inti dari keseluruhan yang dibutuhkan dalam pembelajaran untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).
    Saya lebih memilih RPP 1 lembar karena guru akan lebih mudah merevisi apabila terdapat perubahan konsep/kurikulum dan dengan penyusunan RPP yang membutuhkan waktu lebih singkat dari pada RPP 13 komponen, maka guru memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran.

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Dani Eka Purwati 1906
    Menurut saya RPP 1 lembar lebih efektif digunakan dalam proses pembelajaran dan lebih mudah dalam proses pembuatannya dibandingkan dengan RPP lengkap meliputi 13 komponen. Karena pada RPP 1 lembar hanya memuat 3 komponen wajib yaitu tujuan, langkah-langkah kegiatan, dan penilaian pembelajaran. Meskipun hanya memuat 3 komponen wajib namun guru sudah dapat melaksanakan pembelajaran yang efektif, efisien, terarah dan maksimal. Dengan adanya kebijakan RPP 1 lembar juga meringankan beban kerja guru dalam hal administrasi. Jika masalah administrasi dibuat rumit maka konsentrasi guru akan tertuju pada pemenuhan masalah administrasi bukan pada peserta didik yang berakibat tidak maksimalnya pencapaian tujuan pembelajaran. Sehingga saya lebih memilih RPP 1 lembar.

    BalasHapus
  12. Ade Fitriani 1902
    Menurut saya lebih baik menggunakan RPP 1 lembar karena hanya memuat 3 komponen saja yaitu tujuan pembelajaran, langkah-langkah kegiatan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran karena dapat mempersingkat tenaga, waktu dan juga biaya administrasi dari pada RPP dengan 13 komponen. Tidak membuat pusing para guru dalam pembuatannya sehingga guru dapat fokus pada proses pembelajaran dan juga RPP 1 lembar dibuat sesuai dengan Kompetensi Dasar, dan indikator yang akan diajarkan sehingga pembelajaran dapat berjalan secara efektif. Maka dari itu saya lebih memilih RPP 1 lembar.

    BalasHapus
  13. Diah Ari Akhiriyanti 1903
    Menurut saya RPP 1 lembar lebih praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran selain itu dalam proses pembuatannya juga tidak membutuhkan waktu yang terlalu banyak dibandingkan dengan RPP 13 komponen, meskipun hanya mempunyai 3 komponen yaitu tujuan pembelajaran, langkah-langkah kegiatan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran, namun menurut saya itu sudah cukup dalam RPP dan dapat membantu meringankan beban guru sehingga saya lebih memilih RPP 1 lembar

    BalasHapus
  14. ISTIQOMAH 1901
    menurut saya adanya RPP 1 lembar lebih efektif dibandingkan dengan RPP tidak satu lembar. Selain memerlukan waktu lebih dalam menyusunya, RPP tidak satu lembar kadang membuat guru enggan membaca ulang dikarenakan banyak nya point yang terkandung, sehingga dengan adanya RPP 1 lembar akan menjadi pilihan yang sangat membantu selagi memang dapat memuat inti dari rencana pelaksanaan pembelajaran.

    BalasHapus
  15. Prima Honder Alfaindes 1914
    Menurut saya dengan adanya RPP 1 lembar akan memudahkan pekerjaan guru dibandingkan dengan RPP lengkap yang meliputi 13 komponen, karena hanya meliputi 3 komponen. Namun pelaksanaan di lapangan akan lebih sulit dari pada RPP yang meliputi 13 komponen, karena akan sulit menghandle siswa-siswi yang berada di rumah dalam proses belajar mengajar.

    BalasHapus
  16. Rohyati 1923

    Menurut saya dengan adanya RPP 1 lembar lebih efektif di bandingkan dengan RPP 13 Komponen dalam pembuatannya, tetapi dalam realita sistem belajar RPP 13 komponen lebih efektif dibandingkan dengan RPP 1 lembar. Akan lebih baik lagi jika dalam isi RPP 1 lembar lebih di detailkan lagi, menurut saya akan lebih mudah dalam penerapannya

    BalasHapus
  17. Primaditya Oktavia R 1924
    Menurut saya, dengan adanya RPP 1 lembar ini akn menjadi solusi mudah dan jalan efektif bagi pengajar dibanding kan dengan RPP 13 komponen tersebut. Tapi tetap mengedepankan keefektifan belajar RPP 1 lembar harus juga didukung dengan isi yg lebih mendetail.
    Sekian Terima kasih

    BalasHapus
  18. Puspitasari 1905
    Menurut pendapat saya, RPP satu lembar dengan tiga komponen inti yaitu tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, dan penilaian pembelajaran serta komponen-komponen lainnya yang bersifat sebagai pelengkap, memiliki beberapa nilai kebermanfaatan. Jika dibandingkan dengan RPP yang memuat 13 komponen, penulisan RPP satu lembar ini lebih efisien. Contoh kebermanfaatan RPP satu lembar yaitu guru menjadi lebih bebas memilih, membuat, menggunakan dan mengembangkan format RPP. Penulisan RPP pun menjadi lebih efisien dan efektif, sehingga guru memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri. Berdasarkan uraian saya tersebut, saya lebih memilih RPP satu lembar.

    BalasHapus
  19. Hilda Angela 1921

    Menurut saya kebermanfaatan nya lebih memilih ke RPP lemgkap 13 komponen. Karena dalam RPP lengkap 13 komponen ini isinya pasti lebih lengkap dan detail. Namun dalam pembuatan RPP lengkap 13 komponen tersebut membutuhkan waktu cukup lama, sehingga saat atau akan mengevaluasi pembelajaran waktunya tidak mencukupi dikarenakan waktu banyak digunakan banyak dalam pembuatan...

    BalasHapus
  20. Tiara Pamula Wardani 1925
    Menurut saya, adanya RPP 1 lembar memberi keuntungan yang cukup dirasakan oleh guru, antara lain waktu lebih efisien dan sederhana. Walaupun demikian, di dalam RPP tersebut nyatanya sudah mencakup 3 komponen penting yang dibutuhkan dan boleh menambahkan komponen pendukung apabila diperlukan oleh RPP. Maka dengan itu, RPP 1 lembar ini sangat efektif dan efisien untuk digunakan.
    Sehingga, saya akan lebih memilih RPP 1 lembar.

    BalasHapus
  21. Syifa-Ul Fatimatuz Zuhro 1928
    Menurut pendapat saya, RPP satu lembar lebih efektif daripada RPP 13 komponen. Selain itu RPP 1 lembar juga mengurangi beban administrasi yang sering kali dikeluhkan oleh para guru. Meskipun RPP 1 lembar lebih efektif dan efisien namun tetap diharapkan mencangkup unsur-unsur yang dibutuhkan dalam pembelajaran. Dari uraian tersebut saya memilih RPP 1 lembar karena lebih efektif dan efisien demi meningkatkan kualitas anak anak dalam negeri, selain itu tidak membebani guru.

    BalasHapus
  22. Hanestin Hat Ras Primagiratri 1918
    Menurut saya lebih baik menggunakan RPP 1 lembar karena lebih efektif dikarenakan hanya memuat 3 komponen saja yaitu tujuan pembelajaran, langkah-langkah kegiatan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran karena dapat mempersingkat tenaga, waktu dan juga biaya administrasi dibandingkan RPP dengan 13 komponen. Tidak membuat bingung para guru dalam pembuatannya sehingga guru dapat fokus pada proses pembelajaran selain itu RPP 1 lembar dibuat sesuai dengan Kompetensi Dasar, dan indikator yang akan diajarkan sehingga pembelajaran dapat berjalan secara efektif.

    BalasHapus
  23. Syifa Ul Fuadi 1915
    RPP 1 lembar sudah mencakup semuanya secara singkat, RPP yang isinya banyak juga sudah mencakup semuanya dan isinya sangat rinci dibandingkan dengan RPP 1 lembar. Saya lebih memilih RPP 1 lembar. Karena RPP 1 lembar isinya lebih ringkas dan lebih mudah dibuat.

    BalasHapus
  24. Ririn Shalfa Ayunindyah 1904
    Menurut saya RPP 1 lembar lebih efektif dan efisien karena sudah mencakup dari RPP lengkap yang meliputi 13 komponen. dan menurut saya para pembaca akan lebih memilih RPP 1 Lembar yang lebih singkat dan praktis namun sudah bisa menjadi pedoman pembelajaran bagi guru

    BalasHapus
  25. Dinda Maya Lestari 1911
    Menurut saya kebermanfaatan antara RPP 1 lembar dibandingkan dengan RPP lengkap meliputi 13 komponen, lebih efektif untuk guru jika menggunakan RPP 1 lembar karena didalam komponen RPP 1 lembar telah mencangkup komponen wajib yaitu
    tujuan pembelajaran, langkah-langkah kegiatan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Isi RPP 1 lembar lebih ringkas sehingga guru memiliki waktu untuk merevisi, mengevaluasi isi dari RPP dan RPP 1 lembar sudah bisa menjadi pedoman guru dalam memberikan pembelajaran untuk siswa dikelas.

    BalasHapus
  26. Dhiyaa Arzyelin Priandani 1913
    Menurut saya, kebermanfaatan RPP 1 lembar memberikan efisiensi kepada guru untuk mempermudah dalam mencapai pembelajaran yang maksimal karena RPP 1 lembar secara langsung lebih masuk ke dalam bentuk materi yang akan diajarkan. Guru juga tidak terbebani mengenai pembuatan RPP tersebut.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 4: Refleksi Perkuliahan Kajian Kurikulum On Ke-4

  Daya Off dan On Dalam Pembelajaran Menurut Prof. Marsigit, perkuliahan terdiri dari off dan on. Apa pentingnya off dan on? Secara psikologis, bentuk perkuliahan off bertujuan untuk memberi kesempatan agar terbuka ruang pikirnya. Keterbukaan ini menjadikan kesempatan untuk berfikir secara bebas. Akan tetapi kebebasan tersebut tidaklah sebebas-bebasnya, kebebasan tersebut masih dalam rangka mencapai titik fokus kepada pekerjaan yang menjadi tugas-tugasnya. Dengan fokus tersebut dapat dihasilkan suatu karya, produk sendiri, maupun produk bersama. Bentuk pembelajaran off merupakan suatu tesis, antitesisnya adalah kehadiran Dosen dalam pembelajaran (on). Kehadiran Dosen sebetulnya sangatlah penting, karena sebagai penguatan khasanah keilmuan yang sedang dibangun. Mengapa ini bisa terjadi? Karena seandainya intuitif dilakukan dalam waktu lama dan banyaknya pekerjaan lebih dari satu maka seakan akan diikuti oleh penurunan kualitas. Perbedaan posisi off tersebut merupakan pengaruh ...

Mind Map Pengembangan Kurikulum

Berikut Mind Map Pengembangan Kurikulum yang bersumber dari  https://oerl.sri.com/instruments/cd/instrCD.html

Alphamath: JOURNAL OF MATHEMATICS EDUCATION

Bagi peneliti tentang pendidikan matematika yang ingin mempublikasi artikelnya, dipersilahkan untuk publikasi di Jurnal Alphamath. Focus dan Scope jurnal ini yaitu: mempublikasikan hasil-hasil penelitian atau kajian teoritis tentang pendidikan matematika dengan sasaran: guru/pendidik matematika di tingkat SMP dan SMA, pengamat dan peneliti matematika, pengambil kebijakan pendidikan di tingkat regional maupun nasional. Jurnal AlphaMath merekomendasikan jenis Penelitian Tindakan Kelas, kualitatif, deskriptif, kuantitatif,  penelitian pengembangan didaktik (DDR), maupun penelitian pengembangan (R&D) Cakupan dan lingkup penelitian meliputi: kurikulum pendidikan matematika, pembelajaran matematika yang inovatif dan kreatif, media pembelajaran matematika, penilaian dan evaluasi pembelajaran matematika, lesson study, kemampuan berpikir matematis, dan ICT dalam pembelajaran matematika. Link Jurnal ini yaitu: http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/alphamath/index